10 Apr 2015

Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa

Langit Biru Blogspot -  Hai, sob. Ulasan kali ini masih diseputar dunia game, yaitu mengenai Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa. Bagi kalian yang sering atau pernah memainkan video game pasti setidaknya pernah tau apa itu konsol game. Ya, konsol game adalah adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut controller atau biasa sobat kenal dengan nama joystick.

Konsol game pertama kali dibuat oleh Atari, dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada era tahun 1985 hingga 1989. Konsol game modern pada saat ini antara lain adalah PlayStation buatan Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable (PSP) yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005, dan Nintendo DS (NDS) yang diproduksi oleh Nintendo.

Konsol game terus berevolusi dan melakukan banyak inovasi sehingga lahirlah konsol-konsol game yang berteknologi tinggi baik dari segi grafis maupun aksesoris yang akan menambah keasyikan para gamer.

Ok sob, sesuai dengan tema postingan kali ini berikut ulasan lengkap Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa.

Generasi Pertama 


Magnavox Odyssey

 Tahun 1966 merupakan awal dari perkembangan dunia video game. Yang sebagian besar diprakarsai oleh mahasiswa-mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer ber-prototipen Brown Box diluncurkan dengan nama Magnavox Odyssey pada Mei 1972. Magnavox Odyssey berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Konsol ini terjual hingga 200.000 unit. Dan kemudian Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia.

Generasi Kedua
 

 
Atari 2600



Atari 5200
 
Fairchild Channel F


 
Magnavox Odyssey versi 2

Generasi kedua disebut sebagai awal era 8 bit. Pada tahun 1976 bermunculan konsol-konsol seperti di antaranya adalah Atari 2600, Atari 5200, Fairchild Channel F, dan Magnavox Odyssey versi 2. Dan menjadi favorit pada generasi kedua ini adalah konsol game Atari.

Konsol Game Generasi Ketiga 


 
Nintendo

SEGA

Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dirilisnya Japan Family Computer atau biasa disingkat  FAMICOM dan kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System. Pada generasi ini pulalah muncul konsol game SEGA yang juga mengusung teknologi 8-bit, sehingga perang konsolpun tak terelakkan antara Nintendo fdan SEGA.Dan ini merupakan perang antar konsol yang pertama kali terjadi dalam sejarah perkembangan konsol game.

Generasi Keempat 
 
SEGA Megadrive/ Genesis

Super Nes

Generasi keempat merupakan masa keemasan dalam dunia video game. DImana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan yang sangat drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Pada tahun 1990 SEGA merilis SEGA Megadrive/ Genesis 16-bit. Selanjutnya pada tahun 1991, SEGA merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega yaitu Sonic the Hedgehog. Nintendo sebagai pesaing SEGA tidak tinggal diam, Nintendo juga mengeluarkan pamungkas mereka yaitu Super NES dengan ikon game Mario Bross. Tak pelak hal ini kembali membuat panas persaingan antara SEGA dan Nintendo.

Generasi Kelima 


Playstation
 
Nintendo 64

SEGA Saturn

Teknologi pada generasi kelima ini sudah mengusung 32-bit dan 64-bit. Dan pada tahun 1995 muncul pesaing baru yaitu Playstation besutan dari Sony. Untuk menyaingi Playstation, Nintendo merilis Nintendo 64 pada tahun 1996. Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. SEGA akhirnya merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Namun sayang, konsol game ini harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.

Generasi Keenam 

 
SEGA Dreamcast

Playstation 2
Nintendo Gamecube

Generasi keenam diawali dengan peluncuran konsol terakhir Sega yaitu Dreamcast pada tahun1999. Keunikkan konsol game yang satu ini adalah memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega mengalami kebangkrutan dan pada akhirnya memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony merilis Playstation 2 atau biasa disingkat PS2 kemudan disusul oleh Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun pada akhirnya PS2 yang menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam yaitu Gameboy Advance dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun  memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP).
 

Generasi Ketujuh 

XBox 360
Playstation 3
Nintendo Wii

Pada generasi ini muncul pesaing baru yaitu Microsoft dengan konsol  XBox 360. Disisi lain Sony dan Nintendo juga terus berinovasi sehingga lahirlah  PS3 dari Sony dan Wii besutan Nintendo. Pada generasi ketujuh ini konsol game memiliki grafis 3D yang sangat mengagumkan karena grafisnya sudah mendekati real. Selain itu juga pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer.

Generasi Kedelapan 


XBox One
Playstation 4

Nintendo Wii-U

Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dan semakin menggila dengan berbagai inovasi grafik, suara, dan gameplay serta dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

Itulah ulasan singkat Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa. Namun perlu diingat ya sob, konsol game hanyalah sekedar media hiburan semata, bermainlah hanya untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh sobat. Ingat sob, waktu tak akan berputar kembali. hehe..

Demikian artikel Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa. Semoga menghibur.

Artikel lainnya di Langit Biru Blogspot.
 

3 komentar:

Silahkan berkomentar dengan bijak