14 Mar 2015

Faktor Penyebab Game Android sering Menutup Sendiri (Force Close)



Langit Biru Blogspot - Halo, topik kali ini hanya sekedar sharing aja nih, sob. Yaitu Faktor Penyebab Game Android sering Menutup Sendiri (Force Close).
Ketika lagi asyik main game nih sob, tiba-tiba game menutup sendiri atau istilah sononya "force close", hal ini tentu bikin jengkel and sakit kaki eh.. sakit hati maksudnya sob.


Banyak sekali faktor yang mempengaruhi suatu game mengalami force close saat pertama dibuka atau udah kesekian kalinya sobat mainkan.


Berikut Faktor Penyebab Game Android sering Menutup Sendiri (Force Close), yang saya kutip dari berbagai sumber :

Chipset
ARM terbagi menjadi dua jenis untuk Android, yaitu ARM versi 6 a.k.a ARMv6, dan satunya lagi ARM versi 7 a.k.a ARMv7. Game Android HD memiliki versi chipset tersendiri dan rata-rata chipset yang dipertimbangkan chipset ARM. Entah hanya kompatibel untuk ARMv6 saja atau dua-duanya atau mungkin bukan ARM melainkan Hummingbird dan lain-lain, biasanya game HD mempertimbangkan hal ini. Jadi jika game yang ingin dimainkan selalu force close. Sebelum sobat mendownload suatu game, sebaiknya periksa dulu spesifikasi chipsetnya seperti apa.


GPU
Ada beberapa jenis game Android yang bisa langsung dimainkan setelah di instal, ada juga yang harus mengunduh data-data pendukungnya sebelum bisa dimainkan (contoh obb). Biasanya game yang memerlukan obb merupakan game HD dan membutuhkan spesifikasi hardware tertentu. Rata-rata game HD memerlukan GPU yang cukup tinggi. Kadang game seperti itu ada yang GPU-nya harus PowerVR, Mali, atau mungkin Adreno.


Hardware
Game Android HD juga ikut mempertimbangkan soal spesifikasi hardware, meliputi jenis processor, clock processor, kapasitas RAM, dan ukuran layar. Silahkan cek spesifikasi android sobat apakah sekiranya mampu atau tidak. Jangan hanya sekedar bisa main game aja sob, sobat juga harus memahami bahwa spesifikasi hardware itu penting.




Versi OS
Hal ini hanya terjadi jika sobat mengunduh game android dari file backup (apk) yang banyak tersedia di situs-situs. Seandainya sobat download dari google play tentu hal ini tidak akan terjadi karena pihak google play telah mem-filter aplikasi atau game untuk ditayagkan di laman google play. Jadi jangan heran pada smartphone temen tersedia game Real Steel, tapi kagak ada di android sobat.

Yah, kayaknya itu aja yang saya ketahui tentang Faktor Penyebab Game Android sering Menutup Sendiri (Force Close). Lebih kurangnya saya minta maaf ya sob, karena kita disini sama-sama belajar. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya
Langit Biru Blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak