13 Mar 2015

Tips Mengatasi Low Internal Memory Space pada Smartphone Android


Langit Biru Blogspot - Apakah android sobat sering lemot, sering mengalami "Low Internal Memory Space"? Kebanyakan sobat pasti sering mengalaminya. Namun tahukah sobat faktor penyebabnya? Berikut penjelasannya sob.



Memori internal dari waktu ke waktu akan terus menumpuk dikarenakan dalvik cache yang terus meningkat. 
Dalvik cache adalah temporary file atau file sampah yang digunakan oleh mesin virtual java untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi Android. Biasanya dalvik cache akan memakan memori internal saja, ini dikarenakan dalvik cache hanyalah temporary file. 

Maka dapat dipastikan jika memory internal sobat terlalu sesak tentu dapat mengakibatkan android menjadi lemot dan parahnya bikin android sobat ngehang.

Oleh karena perlu sering-sering menghapus dalvik cache yang tidak terpakai, caranya pake yang mudah aja sob, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Clean Master (Cleaner) besutan Life Hacker dan XDA Developer.



Berikut fitur-fitur yang ada pada Clean Master (Cleaner) :

Membersihkan Cache dan File Residual
Fitur ini dapat menghapus cache dan file residual di Android dengan mudah. Pada perangkat Android, cache dan sisa temporary file akan selalu menumpuk dan mengambil ratusan megabyte internal sobat.


Hapus History
Banyak aplikasi pihak ketiga secara diam-diam merekam informasi pribadi sobat, misalnya seperti SMS / MMS, Data web browser, history pencarian Google dan lain-lain. Clean Master dapat melakukan penghapusan data-data browser, data clipboard dan data history dari banyak aplikasi lain seperti Line, Spotify, Pinterest, dll.


Advanced Task Manager
Task yang berjalan di background tidak hanya menempati RAM sistem saja tetapi juga merugikan baterai. Task Killer Clean Master dapat menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background dan melepaskan lebih banyak RAM untuk mempercepat perangkat Android. Hanya dengan menekan 'Boost' sebagai shortcut untuk menjalankan Task Killer dan Clean Master akan langsung melakukan tugasnya untuk membersihkan aplikasi background.


Backup, Move to SD & Uninstaller
App Manager terdiri dari uninstaller dan backup assistant. Clean Master menawarkan fitur untuk meng-uninstall aplikasi dengan mudah hanya dengan satu kali klik saja. Clean Master juga dapat memindahkan data aplikasi ke kartu SD untuk menghemat ruang internal khusus bagi anda pengguna Rooted.


Memory Booster WidgetSekarang widget memory booster telah tersedi pada versi 3.5.0 keatas. Hal ini tentu akan mempermudah sobat untuk keperluan boosting RAM Android.

Jika sobat berminat silahkan download disini atau instal langsung dari smartphone sobat.

Demikian sob, Tips Mengatasi Low Internal Memory Space pada Smartphone Android. Semoga dengan aplikasi ini akan membuat android sobat lebih baik lagi performanya.
Jika ada yang ingin sobat tanyakan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

Baca juga sob, tips dan trik android lainnya di Langit Biru Blogspot.

2 komentar:

  1. I am thinking that in this time you should give a try to this new app Five Nights at Freddy's AR Mod Apk : which is now most trending app in the world.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak