1 Apr 2015

Definisi Internet


Langit Biru Blogspot -  Hai sob, tema postingan kali ini masih berkutat di seputar dunia maya. Yaitu, Definisi Internet. Perkembangna internet dalam beberapa dekade ini mengalami perkembangan serta kemajuan yang pesat, ini dikarenakan semakin beragam dan banyaknya kebutuhan manusia terhadap internet, baik perusahaan, sekolah, hingga untuk keperluan pribadi. Nah, ulasan kali agar sobat semua jadi lebih mengerti dan sedikit memahami apa itu internet. Untuk lebih mengetahui Definisi Internet, silahkan dibaca ulasannya berikut ini :

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan perorangan.

Secara sederhana, Internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

Ketika terhubung dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.
Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau sistem pengantar parcel, kecuali Internet bekerja dengan sangat cepat.
Misalnya, bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah kita tekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail server. (Mail server ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat ini, tetapi bagian dari layanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja keluar dari Internet setelah menekan tombol Kirim tanpa mengganggu proses pengiriman email tersebut). Kemudian, mail server kita tersebut akan mencoba mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta - Singapura - Jepang - Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia - Amerika.

Paket data dalam Internet memiliki ukuran tertentu sehingga bila email kita tadi cukup besar bisa saja dibagi dalam beberapa paket dan masing-masing paket dapat dikirim dengan rute yang berbeda. Setelah sampai di Amerika, mail server di sana akan membangun kembali email kita tersebut menjadi satu bagian utuh yang siap disajikan. 


Berikut perlengkapan atau perlalatan yang sobat perlukan untuk internet :
  • PC, baik desktop, laptop maupun palmtop atau bahkan telepon selular (handphone) yang dilengkapi fasilitas WAP (Wireless Application Protocol).
  • Modem, boleh internal ataupun external.
  • Sambungan telepon.
  • Internet Service Provider (ISP).
Internet Service Provider bukan sebuah hardware, melainkan perusahaan yang melayani jasa sambungan ke internet. Di Indonesia kita kenal CBN, LinkNet, TelkomNet dan sebagainya, itulah mereka. Kita harus terlebih dulu mendaftar, kemudian setiap bulannya kita harus membayar biaya berlangganan koneksi internet tersebut.

Jaringan internet dikontrol oleh suatu aturan umum yang disebut protocol, yaitu Internet Protocol (IP) dan Transmision Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan TCP/IP, sehingga setiap pemakai yang bergabung dengan internet dapat saling mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya, dalam bentuk pertukaran lateral, citra, maupun suara. Hal ini dapat dilakukan secara langsung seketika itu juga dalam dua arah.s
Dalam internet dipergunakan bahasa atau kode-kode yang disebut Hyper Text Markup Language atau HTML. Bahasa ini merupakan standar bagi komunikasi internet saat ini. Dengan menggunakan bahasa ini kita dapat menulis text, menampilkan gambar, memberi warna serta berbagai hal lainnya di website.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh fasilitas yang dapat digunakan pada internet :
  • E-mail (electronic mail)
    Pelayanan untuk kirim dan terima pesan-pesan. Setiap pesan dapat dikirim dari suatu system ke system lain. Di belakang layar, pelayanan mail ini memastikan bahwa pesan-pesan dikirim dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar. Melalui email pula pemakai internet membentuk suatu forum diskusi yang membicarakan topik-topik tertentu dengan bentuk mailing list atau newsgroup.
  • www (world wide web)
    System yang menggunakan tampilan grafik (window) sehingga dapat memberikan layanan yang sangat prima. Tampilannya bukan hanya berupa teks, dapat berupa gambar dan suara dengan mutu yang bagus karena didukung oleh warna dan resolusi yang tinggi. Untuk dapat mengaksesnya dibutuhkan piranti lunak yang disebut web browser.
  • Search engine
    Fungsi pencarian data dalam bentuk website sesuai kategori atau keyword yang kita masukkan. Fungsi ini dimiliki oleh browser dan juga ada sejumlah website yang khusus.
Oke sob, sudah pada pahamkan apa itu internet? Kalau ada kurang atau tidak sependapat silahkan komen dengan bijak. Demikian artikel Definisi Internet, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya Langit Biru Blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak