10 Mar 2015

Sejarah Perkembangan dan Kelebihan Android

Langit Biru Blogspot - Sobat pasti udah pada tau sama os yang satu ini, ya android yang sekarang lagi booming karena hampir semua smartphone sudah berbasis os android. Kenapa os android begitu diminati baik oleh user maupun produsen smartphone? Yuk, simak informasi Sejarah Perkembangan dan Kelebihan Android. 

Sejarah Android
 
Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun 2005.
Android diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular.

Untuk pertama kalinya Smartphone android yang tersedia untuk publik adalah HTC Dream, yang rilis pada 22 Oktober 2008. 

Apa itu Android?
 
Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan pada smatphone dan selalu menyesuaikan spesifikasi di kelas low-end hingga high-end. Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi android, karena peminatnya yang semakin meningkat signifikan. 

Perkembangan Android

Perkembangan android dari awal hingga sekarang ini sudah mencapai 19 kali. Berikut list os android dari awal sampai yang terbaru sekarang.

  1.   2.1 Android 1.0
  2.   2.2 Android 1.1
  3.   2.3 Android 1.5 Cupcake
  4.   2.4 Android 1.6 Donut
  5.   2.5 Android 2.0 Eclair
  6.   2.6 Android 2.0.1 Eclair
  7.   2.7 Android 2.1 Eclair
  8.   2.8 Android 2.2–2.2.3 Froyo
  9.   2.9 Android 2.3–2.3.2 Gingerbread
  10.   2.10 Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread
  11.   2.11 Android 3.0 Honeycomb
  12.   2.12 Android 3.1 Honeycomb
  13.   2.13 Android 3.2 Honeycomb
  14.   2.14 Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich
  15.   2.15 Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich
  16.   2.16 Android 4.1 Jelly Bean
  17.   2.17 Android 4.2 Jelly Bean
  18.   2.18 Android 4.3 Jelly Bean
  19.   2.19 Android 4.4 KitKat 
Kelebihan Android
  
User Friendly
Kalimat ini tentu sangat familiar pada user Windows milik microsoft, dengan kata lain tidak perlu waktu yang lama untuk bisa mengoperasikan os android. 

Tidak perlu yang namanya les, cukup duduk santai sambil utak-atik smartphone android maka dengan sendirinya sobat
akan terbiasa.

 


Notifikasi 
Kelebihan lainnya dari os android adalah notifikasi real-time, artinya semua pesan atau apapun yang bersifat internet akan secara langsung dapat diterima oleh smartphone android. Contohnya update status facebook, email, dll.
 
Tampilan
Dari segi tampilan android sangat menawan dan bervariasi sesuai vendor masing-masing. 

Belum lagi banyak aplikasi launcher yang dapat merubah tampilan smartphone android sobat. Aplikasi Launcher yang paling dikenal adalah GoLauncher. 



 Open Source
Operating system ini memang dibuat open source atau oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux.

Pengertian Open Source sendiri adalah istilah yang digunakan pada sebuah software atau perangkat lunak yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan membuka atau membebaskan source codenya (sumber kode program) sehingga dapat mengetahui dengan jelas cara kerja software tersebut, selain itu siapa saja dibebaskan untuk mengubah ataupun memperbaiki jika ditemukan kelemahan-kelemahan pada software tersebut.
Maka jangan heran banyak sekali ditemui aplikasi dan game android yang gratis. 

Aplikasi & Game
Untuk Aplikasi dan game sobat akan disajikan jutaan pilihan yang menarik dari yang gratis hingga berbayar. Ini semua tidak terlepas dari Apanya yang namanya Os android yang open source


Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari os android ini, saya hanya mengambil poin pentingnya saja, supaya sobat kagak bosan. Ntar kalau saya tulis panjang-panjang malah bikin mata sakit

Demikian Sejarah Perkembangan dan Kelebihan Android. Lebih kurangnya mohon berkomentar dengan bijak sesuai tema artikel. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel menarik lainnya di Langit Biru Blogspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak