23 Mar 2015

Orang-Orang Yang Paling Berpengaruh Terhadap Perkembangan Video Game

Langit Biru Blogspot - Siapa sih yang gak tau apa itu video game? Walau belum atau tidak pernah memainkannya tapi saya yakin pasti tau apa itu video game. Ya, video game dalam beberapa dekade ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Video game dapat dimainkan oleh siapa saja, baik tua maupun muda, karena game bukan lagi semata-mata untuk anak-anak.

Tentu kemajuan video game tak lepas dari kerja keras dan ide kreatif, hingga teralahirlah berbagai jenis video game yang seperti kita ketahui sekarang ini. Berbagai jenis konsol, judul game dan inovasi dalam industri video game itu sendiri tentu berkat orang-orang yang berdedikasi penuh pada dunia video game. Mau tau siapa-siapa saja Orang-Orang Yang Paling Berpengaruh Terhadap Perkembangan Video Game? Berikut ulasannya :

Nolan Bushnell

Nolan Bushnell dikenal melalui perusahaan beliau yang diberi nama Atari. Beliau juga merupakan orang yang menciptakan game konsol pertama yaitu Pong yang dirilis dalam bentuk satu konsol untuk satu game. Jika sobat yang lahir di tahun 80-an, pasti sobat pernah merasakan kejayaan konsol Atari.




Sebelum menjadi konsol pertama di dunia, Atari merilis berbagai jenis mesin arcade untuk game legendaris seperti Pong dan Breakout. Tidak saja menjadi akar dari industri game saat ini, Atari juga merupakan akar dari komputer yang pertama kali dibuat oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak saat mereka hendak mendirikan Apple. Jadi bisa dibilang Nolan Bushnell bukan saja seorang tokoh pionir industri game, tapi juga merupakan salah satu pionir industri komputer modern.

Shigeru Miyamoto


Shigeru Miyamoto adalah orang di balik kesuksesan tokoh legendaris, Mario. Beliau sering kali dianggap sebagai “Father of Modern Gaming”. Hasil karya beliau sudah menginspirasi banyak orang, bahkan developer-developer game indie papan atas yang karyanya masuk ke top 10 Games in Asia (khususnya yang bergenre platformer) mengakui bahwa Mario merupakan salah satu inspirasi utama mereka. Tidak hanya Mario, Miyamoto juga merupakan orang dibalik game seperti Donkey Kong, Pikmin, The Legend of Zelda, dan berbagai franchise milik Nintendo lainnya.



Miyamoto memulai karirnya di Nintendo sebagai salah satu artist pertama di Nintendo. Game pertama di mana Miyamoto terlibat dalam pengembangannya adalah Radar Scope, sebuah game shooter yang lumayan sukses di Jepang. Sayangnya, saat Nintendo mencoba menjual game ini di Amerika, game ini tidak terlalu laku, membuat Hiroshi Yamauchi yang merupakan pimpinan Nintendo saat itu menyuruh Miyamoto untuk membuat game baru yang akan dimasukkan ke unit arcade Radar Scope yang tidak laku.

Will Wright

Nama Maxis dan Will Wright pertama terkenal melalui game SimCity yang dirilis pada tahun 1989. Game SimCity banyak dianggap orang sebagai salah satu game paling berpengaruh di dunia. Game ini bisa dibilang merupakan salah satu game yang menjadi blueprint dari seluruh game simulasi yang ada sekarang.



Pada tahun 2008 Will Wright lagi-lagi melakukan gebrakan dengan ide jeniusnya yang diwujudkan melalui game berjudul Spore. Dalam game yang satu ini kamu dapat menggerakkan sebuah organisme kelas rendah sampai organisme itu berevolusi menjadi hewan, lalu berubah menjadi makhluk dengan peradaban sampai akhirnya menjadi sebuah makhluk dengan peradaban dan teknologi yang maju.

Beberapa bulan setelah merilis Spore,  Will Wright meninggalkan Maxis dan membentuk sebuah badan yang bertujuan melakukan riset untuk hal-hal yang berhubungan dengan hiburan. Badan yang bernama “Stupid Fun Club” tersebut itu dimiliki oleh Will Wright dengan sebagian sahamnya juga dipegang oleh EA.

Hironobu Sakaguchi

Hironobu Sakaguchi merupakan orang dibalik seri populer Final Fantasy. Di tahun-tahun awal setelah bergabung dengan Squaresoft, Sakaguchi terlibat dalam beberapa projek game yang bisa dibilang kurang begitu populer, sampai pada akhirnya dia memutuskan untuk membuat satu game yang akan menjadi harapan terakhir dari Squaresoft. Game ini dianggap sebagai harapan terakhir dari Squaresoft karena pada saat itu seandainya game terakhir ini gagal, maka habislah sudah Squaresoft dan sepak terjang Sakaguchi di industri video game. Hal tersebut membuat Sakaguchi memutuskan untuk menamakan game tersebut Final Fantasy, karena game ini memang merupakan harapan dan impian terakhir dari Squaresoft dan Sakaguchi sendiri.



Game yang awalnya merupakan harapan terakhir ini, malah mengalami kesuksesan besar sampai sekarang bisa dibilang merupakan ujung tombak dari genre JRPG. Kesuksesan ini juga melahirkan berbagai macam seri dan spin-off dari Final Fantasy dan mengangkat nama Hironobu Sakaguchi sampai beliau berhasil mendapatkan kehormatan untuk masuk Hall of Fame di Academy of Interactive Arts and Sciences pada tahun 2000. Selain Final Fantasy, Sakaguchi juga terkenal karena hasil karya fenomenal beliau dengan mangaka Akira Toriyama, Chrono Trigger.

Setelah mengundurkan diri dari Squaresoft, Sakaguchi membentuk Mistwalker yang mendapat pendanaan khusus dari Microsoft. Dua game pertama yang dirilis oleh Mistwalker adalah Blue Dragon dan Lost Odyssey yang dirilis eksklusif untuk Xbox 360 dan mendapatkan respon yang cukup positif dari media dan gamer. Saat ini Sakaguchi masih aktif di Mistwalker dengan game terakhir yang beliau buat adalah The Last Story untuk Wii dan Party Wave untuk iOS dan Android.

Gunpei Yokoi

Sobat yang pernah bermain game tentunya tahu fungsi dari directional pad atau biasa disingkat D-pad. D-pad adalah tombol berbentuk tanda tambah (‘+’) yang berfungsi untuk mengendalikan objek dalam game sesuai dengan arahnya. Tombol D-pad ini digunakan di hampir semua konsol dan handheld yang pernah dirilis, dan masih juga digunakan sampai sekarang. Hal simpel namun jenius seperti ini tentunya tidak muncul begitu saja di dunia, tombol ini adalah hasil pikiran jenius dari seorang legenda bernama Gunpei Yokoi.



Yokoi adalah seorang pegawai Nintendo yang sudah bekerja pada perusahaan ini semenjak Nintendo belum memasuki industri video game. Pada saat itu Yokoi bekerja sebagai teknisi sekaligus perancang mainan elektronik untuk Nintendo, dan pada saat Nintendo mulai terjun ke industri video game pada tahun 1974, Yokoi merupakan salah satu game designer pertama yang dimiliki Nintendo.

Pada saat perjalanan pulang bekerja, di dalam kereta Yokoi melihat seorang pria yang iseng menekan-nekan tombol kalkulatornya untuk menghilangkan kebosanan. Pengalaman tersebut menginspirasi Yokoi untuk menciptakan alat yang disebut Game & Watch, sebuah alat untuk memainkan game secara portable. Alat ini bisa dibilang merupakan kesuksesan besar Nintendo pertama dalam industri game. Setelah kesuksesan Game & Watch Yokoi sempat terlibat ke dalam berbagai projek, termasuk menjadi supervisor dari Shigeru Miyamoto saat Miyamoto mengerjakan salah satu game di awal karirnya, Donkey Kong. Setelah kesuksesan mengerjakan berbagai game, Yokoi lagi-lagi melakukan gebrakan dengan merilis handheld yang menjadi legenda dan standar dari handheld gaming masa sekarang, Game Boy.

John Carmack


John Carmack merupakan salah satu co-founder id Software. Banyak orang yang menganggap beliau adalah programmer game terhebat di dunia. Tidak mengherankan jika banyak orang yang berpikir seperti itu, mengingat Carmack adalah orang yang membuat revolusi dalam 3D gaming. Beberapa karya dari Carmack adalah legenda seperti Doom, Quake, dan Wolfenstein 3D. Game-game tersebut adalah game yang mendefinisikan genre FPS dan mekanisme 3D dalam video game pada umumnya.




Jika orang-orang yang ada di daftar orang paling berpengaruh di video game kebanyakan terlibat dalam urusan kreatif atau bisnis, maka Carmack adalah satu dari sedikit orang yang mendapat pengakuan di industri gaming dari berbagai media karena kemampuan teknikalnya. Tidak saja menjadi pionir untuk 3D gaming yang kita kenal sekarang, bahkan Carmack membuat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang aerospace engineering sebagai pekerjaan sampingannya.

Hideo Kojima


Hideo Kojima adalah orang di balik kesuksesan seri game Metal Gear. Kojima yang bekerja untuk Konami sudah tergabung dengan perusahaan ini sejak tahun 1986. Di tahun-tahun awal Kojima bersama Konami, ide-ide dari dia sering ditolak dan dia juga sering diremehkan oleh rekan kerjanya karena sebagai lulusan ekonomi, dia memiliki pengetahuan komputer yang sangat minim dibanding dengan orang-orang dari industri game yang saat itu mayoritas adalah lulusan computer science.




Setelah beberapa lama bersama dengan Konami, Kojima mendapatkan tugas untuk meneruskan projek dari seniornya. Pada saat proses pengembangan game, tim mengalami hambatan dalam mengerjakan bagian pertarungan dari game tersebut karena masalah batasan hardware. Hambatan itu malah memberikan ide kepada Kojima untuk merubah arah game ini dari yang tadinya berpusat pada pertarungan menjadi lebih terpusat kepada stealth. Semenjak itulah lahir Metal Gear, game yang berhasil mengangkat Kojima menjadi seorang yang dianggap penting dalam industri video game.

Selain seri Metal Gear, Kojima juga terlibat beberapa judul game berkualitas seperti seri Boktai, Snatcher, Policenauts, dan seri Zone of Enders. Kojima terkenal karena ide-idenya yang unik yang diimplementasi di game, contoh ide gilanya bisa kamu cek di salah satu boss battle paling memorable sepanjang sejarah video game, yaitu Psycho Mantis (video di bawah).

Hideo Kojima dianggap sebagai orang yang berhasil membuat gebrakan dalam berbagai hal. Hal paling signifikan dari Kojima adalah inovasi gameplay untuk game stealth dan juga gebrakan dalam penyampaian cerita di game. Kojima juga terkenal sebagai orang yang cukup humoris dan sering kali menyampaikan lawakannya melalui hal-hal unik di dalam gameplay atau cerita di game-game karangannya. Saat ini Kojima masih sibuk mengembangkan seri Metal Gear Solid buatannya, bedanya sekarang ini bahkan Konami membuatkan divisi khusus untuk game-game Kojima yang disebut Kojima Productions.

Ya, itulah beberapa Orang-Orang Yang Paling Berpengaruh Terhadap Perkembangan Video Game, tentu masih banyak lagi oarang-orang dengan talenta yang tidak kalah hebatnya dengan para tokoh yang saya ulas diatas.

Demikian artikel Orang-Orang Yang Paling Berpengaruh Terhadap Perkembangan Video Game. Semoga Menghibur.

Artikel menarik lainnya Langit Biru Blogspot

2 komentar:

  1. I like your post. Thanks for sharing these useful information! hell let loose

    BalasHapus
  2. I like viewing web sites which comprehend the price of delivering the excellent useful resource free of charge. I truly adored reading your posting. Thank you! windows product key

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak